Jumat, 26 Mei 2017

wisata air di Sendang Geulis Kahuripan

Ada banyak nama untuk tempat ini anti-arus utama. Beberapa menyebutnya Talaga Cikahuripan, beberapa orang menyebutnya sebagai Sendang Geulis Kahuripan, dan beberapa menyebutnya sebagai Sirah Cai Kahuripan. Tapi yang paling dikenal dan paling terkenal disebut Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Bahkan jika Anda meminta orang-orang di sekitar hanya dengan kata "Cikahuripan", kemudian mereka akan segera mengetahui dan langsung menunjukkan cara untuk Anda.
Jika diterjemahkan kata per kata, Talaga Cikahuripan berarti "Danau di gunung yang memberi hidup". Hampir sama seperti yang lain menyebutkan Sendang Geulis Kahuripan. "Sendang" dalam kamus besar Indonesia (KBBI) berarti, Kolam di pegunungan dan air yang berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya digunakan untuk mandi dan mencuci, airnya jernih yang mengalir terus-menerus. "Geulis" dalam bahasa Sunda berarti indah. Sementara "Kahuripan" dapat didefinisikan sebagai kehidupan. Jadi ketika ditafsirkan secara keseluruhan "Media Geulis Kahuripan" berarti sebuah kolam di pegunungan berasal dari mata air dengan pemandangan yang indah dan mampu memberikan kehidupan bagi orang-orang di sekitar.
Mata hidup kehidupan-pemberi
Tidak heran jika tempat ini disebut sebagai musim semi yang indah. Air sangat jelas, dikelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun dan dari perbukitan membuat tempat ini terlihat cantik dan indah. Selain cantik dan asri, tempat ini juga dapat menjadi sumber kehidupan. Kita telah melihat bahwa air adalah sumber kehidupan bagi makhluk-makhluk yang berada di bumi. Jadi, bahkan dengan Cucuuripan musim semi ini berguna untuk masyarakat sekitarnya untuk keperluan rumah tangga, irigasi dan irigasi.
Springs penuh manfaat dan keuntungan
Selain bermanfaat bagi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Musim semi ini juga dipercaya untuk menjadi sehat untuk tubuh dan berguna untuk kulit. Tubuh yang terasa sakit akan disegarkan setelah berendam dalam kolam mata air Sendang Geulis Kahuripan yang sangat dingin air. Selain itu, mata diyakini mempercantik dan memperbaiki kulit, dan mampu membuat orang-orang yang mandi di kolam ini terlihat lebih muda.
Kolam renang di tengah sawah dan bukit-bukit
Apa yang membuat tempat ini unik adalah karena terletak di dekat ladang dan perbukitan yang keasriannya tetap terjaga. Di bawah Talaga Cikahuripan dibangun kolam renang yang airnya berasal dari mata air Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan. Tapi sayangnya kolam renang ini sekarang berantakan dan terlihat kotor oleh lumpur yang mengendap di dasar kolam.
Tiket masuk Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan
Untuk dapat menikmati semua keindahan alam, mata dingin air Sendang Geulis Kahuripan, atau bahkan mencoba sensasi berenang di kolam renang yang terletak di tengah sawah ini menjadi sangat murah. Yang hanya mengenakan biaya tiket sebesar Rp 10.000 / orang.
Fasilitas Talaga Cikahuripan / Sendang Geulis Kahuripan
Anda bisa mengatakan fasilitas yang disediakan oleh Manajer Talaga Cikahuripan atau Sendang Geulis Kahuripan terbilang cukup lengkap. Di tempat ini terdapat kios-kios untuk membeli makanan dan minuman, parkir, saung untuk beristirahat, toilet, dan perubahan tempat setelah basah-basahan di Sendang Geulis Kahuripan atau kolam renang.

2 komentar: